teropongdesa.com,Jakarta- Menteri pariwisata (Menpar) Arief Yahya me-Launching Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2016 di Balairung Seosilo Soedarman,Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (1/4).
Menpar Arief Yahya mengatakan,kuliner sebagai salah satu bagian dari industri kreatif merupak industri yang paling berpengaruh bagi sektor pariwisata di Indonesia. "Kuliner sangat berpengaruh bagi pariwisata karena 60 persen pariwisata ditunjang oleh industri kreatif,".
Kuliner mempunyai peran strategis dalam memperkuat indentitas bangsa Indonesia diforum international. Oleh karena itu, Pemerintah (Kemenpar) sangat serius dalam memajukan industri kuliner antara lain dengan meluncurkan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia agar bisa mendunia sekaligus menjadi indentitas nasional, " Kuliner juga menjadi indentitas kota atau daerah yang sekaligus mempromosikan pariwisata kota tersebut. Ambil contoh ; Nasi Liwet Solo, satu di antara 30 ikon kuliner tradisional Indonesia, Secara otomatis akan mempromosikan pariwisata Solo baik ditingkat nasional maupun mancanegara ujarnya Arief Yahya.
Penyelenggaraan FKN 2016 yang mengangkat tema "Kuliner Nusantara Kekayaan Budaya Bangsa" dikemas dengan konsep wisata kuliner dengan menampilkan makan dan produk-produk khas masing-masing daerah, demo masakan interaktif dibeberapa panggung yang melibatkan pengunjung, serta lomba foto kuliner Nusantara melalui media sosial untuk mempromosikan even ini, serta hiburan yang menampilkan artis dan group band ternama.(Tofan dan Septiyan)
Menpar Arief Yahya mengatakan,kuliner sebagai salah satu bagian dari industri kreatif merupak industri yang paling berpengaruh bagi sektor pariwisata di Indonesia. "Kuliner sangat berpengaruh bagi pariwisata karena 60 persen pariwisata ditunjang oleh industri kreatif,".
Kuliner mempunyai peran strategis dalam memperkuat indentitas bangsa Indonesia diforum international. Oleh karena itu, Pemerintah (Kemenpar) sangat serius dalam memajukan industri kuliner antara lain dengan meluncurkan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia agar bisa mendunia sekaligus menjadi indentitas nasional, " Kuliner juga menjadi indentitas kota atau daerah yang sekaligus mempromosikan pariwisata kota tersebut. Ambil contoh ; Nasi Liwet Solo, satu di antara 30 ikon kuliner tradisional Indonesia, Secara otomatis akan mempromosikan pariwisata Solo baik ditingkat nasional maupun mancanegara ujarnya Arief Yahya.
Penyelenggaraan FKN 2016 yang mengangkat tema "Kuliner Nusantara Kekayaan Budaya Bangsa" dikemas dengan konsep wisata kuliner dengan menampilkan makan dan produk-produk khas masing-masing daerah, demo masakan interaktif dibeberapa panggung yang melibatkan pengunjung, serta lomba foto kuliner Nusantara melalui media sosial untuk mempromosikan even ini, serta hiburan yang menampilkan artis dan group band ternama.(Tofan dan Septiyan)